Apply Residence Permit for Studies ke Finlandia? Gampang kok

Hey guys, well..berhubung beberapa minggu yang lalu baru aja berkutat dengan berkas-berkas residence permit untuk belajar ke Finlandia. Kali ini saya rasa penting untuk share step by step yang harus dilakukan dalam permohonannya untuk mempermudah teman-teman yang ingin apply juga. *soalnya saya kebingungan juga awalnya, hehe

Okay, kenapa langsung residence permit? Bukannya ngurus visa dulu? Nope, untuk Finlandia, jika kita akan tinggal lebih dari 90 hari, maka kita harus langsung apply residence permit. Jadi jangan bingung ya kalau ada teman kamu yang mau studi ke luar negeri juga tetapi ngurus visa dulu dan residence permitnya di urus setelah sampai ke negara tujuan. So, buat kita yang mau studi ke Finlandia, kita akan langsung apply residence permit for studies.

Nah, untuk apply residence permit ke Finlandia, kita bisa apply secara manual di kedutaan ataupun secara online. *Saya sarankan untuk apply secara online karena lebih murah dan lebih mudah kok. Dan juga, tidak ada batasan waktu minimal untuk apply, jadi jika berkas kamu sudah lengkap, boleh langsung apply walaupun keberangkatan masih agak lama. Karena saya kemarin apply secara online, maka saya akan bahas berbagai step yang harus dilakukan dalam proses apply online.

  1. Dokumen yang harus dipersiapkan untuk apply online
    1. LoA (Letter of Acceptance) dari universitas tujuan kamu di Finlandia
    2. Scan passport (halaman identitas dan halaman lainnya yang telah terstempel). Jika passport baru, cukup halaman identitas saja.
    3. Insurance
    4. Clarification on scholarship dari pihak pemberi beasiswa *jika kamu penerima beasiswa
  2. Memulai apply online
    1. Buka website e-service untuk pengurusan visa dan residence permit Finlandia : https://enterfinland.fi/eServices/
    2. Pilih ‘First Residence Permits’, kemudian pilih ‘studies’
    3. Nah, selanjutnya kamu akan mengisi semua informasi yang diminta di setiap tab nya. Semua informasi yang diminta tidak ada yang membingungkan kok.
      • Untuk bagian contact information di Finlandia, kamu boleh isi alamat apartment kamu jika sudah ada. Saya mengisi alamat kantor international office universitas tujuan berhubung saya belum menyewa apartment.
      • Untuk date of arrival, itu bisa kamu tulis tanggal yang kamu inginkan untuk keberangkatan atau ketibaan kamu. Mereka tidak meminta tiket dalam proses apply ini. Mereka menyarankan kamu untuk tidak membeli tiket sebelum residence permit keluar karena takutnya bisa saja berkas ditolak ataupun selesai lebih lama dan tidak terkejar dengan tiket yang telah kamu beli.
      • Untuk pilihan pembayaran biaya residence permit, kamu bisa bayar dengan memakai kartu kredit ataupun bayar secara langsung di embassy. Kamu pun akan memilih preference kamu ini di form aplikasi online ini.
    4. Setelah semua informasi terisi lengkap, attach dokumen-dokumen tadi yang telah saya sebutkan di atas.
    5. Setelah semuanya lengkap, jangan lupa cek dulu semuanya, sebelum menuju tab terakhir, berhubung jika sudah ke tab terakhir, tidak bisa kembali untuk mengecek informasi-informasi yang kamu isi. Tenang saja kok, semua informasi yang kamu masukkan akan otomatis tersimpan. Jadi kamu bisa log-in dan log out kapan saja tanpa harus takut kehilangan informasi yang sudah kamu isi.
    6. Setelah semua informasi yang dimasukkan lengkap dan benar, langsung menuju ke tab terakhir untuk submit application.
  3. Sesudah submit application, langkah selanjutnya adalah mengunjungi embassy untuk proses fingerprint dan pembayaran biaya aplikasi jika kamu memilih untuk membayar secara cash di embassy. Untuk biayanya adalah 300 Euro, jika membayar langsung di embassy, pembayaran bisa dilakukan dengan Rupiah. Untuk kepastian berapa rupiah yang harus kita bayar, kita bisa menanyakannya kepada pihak embassy via telpon.
  4. Note penting : Kunjungan yang akan dilakukan ke embassy harus dilakukan dalam masa sebulan setelah submit aplikasi online. Dan, kunjungan ini harus dilakukan setelah membuat appointment via telpon. Kamu bisa google up nomer telpon Embassy. Ohiya, kunjungan ke embassy untuk hal residence permit ini dimulai pukul 14.00, karena pagi di plotkan untuk orang-orang yang ingin mengurus visa.
  5. Ketika mengunjungi embassy, jangan lupa membawa
    1. Uang cash (jika kamu membayar langsung di embassy)
    2. berkas-berkas yang telah kamu upload (LoA (fotokopi diberikan ke mereka, tetapi yang asli juga harus dibawa), insurance (diberikan ke mereka satu lembar), clarification of scholarship (diberikan juga ke mereka satu lembar),
    3. passport (fotokopi sesuai halaman2 yang kamu upload untuk diberikan ke mereka, dan yang asli juga harus diperllihatkan),
    4. pdf aplikasi online yang telah kita download dan print setelah submit
    5. pas foto berlatar putih, (ukurannya saya lupa –“), bisa coba kamu cek di website. Jika kamu memakai jilbab, tidak ada masalah kok, hanya saja ketika foto, muka kamu harus terlihat 75-80%, jadi jilbabnya harus agak ditarik sedikit sehingga terlihat alis secara full.
    6. Untuk foto, daripada ragu dan salah, di mall Ambassador (bisa jalan kaki dari embassy) ada kok terdapat tempat foto, namanya Hoso Digital, mereka udah langsung mengerti jika kita bilang foto untuk Finlandia. Ukurannya mereka sudah langsung tau, dan aturan-aturan lainnya jga mereka sudah hapal, haha. Foto yang diperlukan hanya selembar kok. *saya dong print sampai 12 lembar karena lupa nanya berapa lembar yang diperlukan -____-.

Nah, itu dia step yang harus kamu lakukan untuk apply residence permit for studies ke Finlandia. Kamu juga bisa mengikuti sampai sejauh mana residence permit kamu sudah diproses dengan masuk ke account enterfinland (online aplikasi tadi). Disitu kamu bisa lihat apakah berkas kamu msih dlam proses atau sudah ready. Untuk lamanya proses residence permit sendiri akan memakan waktu maksimal satu bulan karena keputusan dan kartu residence permit semuanya dilakukan di Finlandia. Tetapi, pengalaman saya kemarin, 29 Juli saya ke embassy untuk proses fingerprint,dll, lalu tanggal 31 decisionnya sudah ready (setelah saya cek online). Nah, tanggal 10 Agustus kemarin, residence permit card nya sudah sampai di embassy untuk diambil.

Well, that’s all guys. Tenang aja, ga ribet sama sekali kok. Waktu itu saya mikir ribet banget, ternyataaa…mudah banget proses administrasinya. So, buat kamu yang mau apply, happy apply.

Jika ada pertanyaan, bisa kok hubungi saya via twitter di : @IFanaArfa

7 Comments Add yours

  1. vanilaila says:

    Hai Intan, salam kenal…Saya Vani. Boleh minta alamat email? Saya mau tanya-tanya tentang kuliah di Finlandia dan beasiswanya. Mau tanya-tanya soal tips dan triknya juga, hehe. Makasih.. 🙂

    Like

    1. intanhasan says:

      Hai, salam kenal juga 🙂 boleh..di farhana.intan94@gmail.com 😉

      Like

  2. abah shofi says:

    Ijin follow ya mba.. 🙂

    Like

  3. Mbak Intan, kebetulan saya akan mengajukan Student’s Residence Permit ke Finland juga. Saat kita registrasi di web Enter Finland, kita diberi pilihan apakah data pribadi kita disimpan pada Personal Information System mereka dan kita diberi Finnish personal identity code, atau kita menolaknya. Apa yang sebaiknya kita pilih Mbak ? Apakah Mbak Intan dulu memilih “Yes” atau “No” ? Terimakasih sebelumnya.

    Like

    1. intanhasan says:

      Hai.

      Dipilih “Yes” aja mas. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s